131 NAPI RUTAN SIAK DIPINDAHKAN KE LAPAS PEKANBARU

Pekanbaru (LPD) – Pasca terbakarnya Rutan Kelas IIB Siak akibat kerusuhan yang terjadi Sabtu dinihari kemarin (11/5), sebanyak 131 orang napi Rutan Siak dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Pekanbaru. Dengan pengawalan ketat Kepolisian Daerah Riau, rombongan napi tersebut tiba di Lapas Pekanbaru Sabtu malam sekitar pukul 22.00 WIB (11/5). 

Kalapas Pekanbaru Yulius Sahruzah, yang ditemui menyampaikan bahwa sebenarnya Lapas Pekanbaru juga sudah over kapasitas. Beliau menerangkan, sebelum menerima pindahan napi Rutan Siak ini, Lapas Pekanbaru sudah dihuni sebanyak 1696 orang warga binaan, dari total kapasitasnya sebesar 771 orang. “Karena kondisi bangunan Rutan Siak yang tak memungkin lagi dihuni dari sisi keamanan, kami siap menampung napi pindahan ini,” ucap Kalapas. Kalapas menambahkan sebanyak 113 napi akan ditempatkan di Blok G, 15 napi di Blok Mapenaling, serta ada 3 napi yang ternyata setelah diperiksa tim kesehatan lapas, kondisinya masih lemah pasca operasi, kami tempatkan di Blok A pada kamar khusus perawatan. Dampak dari bertambahnya penghuni lapas, tampak 9 petugas Rutan Siak ikut bertugas di Lapas Pekanbaru untuk menambah kekuatan regu jaga.

 

Sementara itu, pada pukul 06.00 WIB pagi (12/5), Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Sri Puguh Budi Utami, langsung memonitor kondisi Lapas Pekanbaru setelah menerima napi pindahan tersebut. Didampingi Kalapas Pekanbaru, Dirjenpas mengecek kesiapan sarana dan prasana lapas satu persatu. Pengecekan diawali dengan memantau kondisi bangunan lapas, ketersediaan alat-alat keamanan, dan persiapan terhadap layanan makanan bagi warga binaan. Dirjenpas berpesan agar petugas menjaga sikap dalam melayani napi, tidak arogan, dan tetap profesional dalam bertugas. “Mari kita ambil hikmahnya atas peristiwa yang terjadi di Rutan Siak,” ucap wanita pertama yang dipercaya memimpin pemasyarakatan ini.

Jayalah Pemasyarakatan..
Jayalah KEMENKUMHAM !!!
(HUMAS LAPAS KELAS IIA PEKANBARU)

 
Penulis: 
    author
    No related post!