BABAK BARU PENGELOLAAN KOPERASI PENGAYOMAN LAPAS PEKANBARU, KINI SIMPAN PINJAMNYA BEBAS BUNGA

Pekanbaru (LPD) – Dalam rangka terus mensejahterakan anggotanya, Koperasi Pengayoman Lapas Pekanbaru yang telah didirikan sejak Tahun 1996 ini banyak melakukan terobosan baru. Teranyar diputuskan mulai Bulan November mendatang, segala bentuk simpan pinjam di koperasi tersebut tidak akan dikenakan bunga alias nol persen. Hal ini merupakan kesepakatan seluruh anggota yang hadir pada saat Rapat Pembahasan Simpan Pinjam 0%, Rabu siang (11/9) di salah satu ruang rapat Lapas Pekanbaru.

Ketua Koperasi Pengayoman Lapas Pekanbaru, Koko Syawaluddin Sitorus, menjelaskan bahwa ide koperasi tanpa bunga merupakan gagasan dari Kalapas Pekanbaru Yulius Sahruzah, yang juga sebagai pembina koperasi. “Kelebihan koperasi tanpa bunga selain mensejahterakan anggotanya, juga untuk memenuhi azas kekeluargaan dan tolong menolong antar sesama anggota koperasi,” terang Koko. Tapi terdapat juga kekurangannya yaitu tidak ada lagi pembagian sisa hasil usaha, dana sosial dan pendidikan, serta honor Pengurus dan Badan Pengawas (BP).

Menanggapi pembahasan rapat, kalapas mengajak agar koperasi ini dapat lebih memakmurkan anggotanya. Simpan pinjam tanpa bunga dianggap memenuhi semangat gotong royong dalam organisasi sehingga apabila ada teman yang sedang kesulitan, maka rekan lainnya saling membantu. Denga adanya sistem ini, kedepannya anggota tidak lagi dibebankan membayar bunga yang sangat memberatkan. “Ada langkah-langkah yang harus diterapkan pengurus dan BP apabila diberlakukan sistem tanpa bunga. Diantaranya pemberian pinjaman harus selektif dan transparan serta BP harus rajin-rajin audit pengurus,” pesan pembina.

Setelah mendapatkan berbagai masukan dan persetujuan dari anggota yang hadir, maka ditetapkanlah Simpan Pinjam Tanpa Bunga di Koperasi Pengayoman Lapas Pekanbaru. Segala aturan dan tata tertib pengelolaan akan dibahas selanjutnya pada rapat pengurus dan badan pengawas. “Semoga Koperasi Lapas Pekanbaru dapat mendatangkan manfaat dan keberkahan bagi anggotanya,” harap salah seorang anggota yang hadir.

Maju Koperasinya, Sejahtera Anggotanya

Jayalah Pemasyarakatan..
Jayalah KEMENKUNHAM !!!
[HUMAS LAPAS KELAS IIA PEKANBARU]

 

 
Penulis: 
    author
    No related post!