DORR-DORR-DORR… LAPAS PEKANBARU LATIHAN MENEMBAK DI YONKO 462 PASKHAS PEKANBARU

Pekanbaru (LPD) – Mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di lapas seperti ancaman pelarian ataupun kerusuhan, sebanyak 65 petugas Lapas Kelas IIA Pekanbaru mengikuti pelatihan menembak dan bongkar pasang senjata yang diadakan di lapangan tembak Batalyon Komando (Yonko) 462 Paskhas Pekanbaru, Sabtu (23/3). Pelatihan menembak ini juga merupakan realisasi program kegiatan yang telah dipaparkan seksi Keamanan dan Ketertiban Lapas Pekanbaru pada awal tahun lalu.

 

Sebelum pelaksanaan pelatihan, Kalapas Pekanbaru Yulius Sahruzah, memimpin apel pengarahan bersama Komandan Kompi (Danpi) Senapan A Yanko 462 Paskhas, Agus Candraca. Kepada petugas yang mengikuti pelatihan, kalapas berpesan agar sungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini. Jangan malu atau segan untuk bertanya kepada instruktur, karena ilmu dan pengalaman yang dapat nanti pasti sangat berguna untuk keselamatan diri petugas. “Manfaatkan sebaik-baiknya latihan ini, kita telah dibekali senjata dalam bertugas. Jangan sampai kita tidak mengerti cara menggunakannya, dan yang terpenting gunakan senjata sesuai prosedur,” harap kalapas. Kemudian gantian Danpi Senapan A Yanko 462 Paskhas memberikan wejangannya dan berpesan bahwa dalam berlatih harus penuh konsentrasi, jangan bergurau dengan senjata, dan utamakan keselamatan dan keamanan.

Sebelum menembak, petugas diberikan kuliah singkat pengenalan dengan senjata, cara membongkar pasang, mengisi amunisi, dan penggunaan senjata . Awal-awal belajar menembak, petugas harus mengantisipasi rasa takut terhadap letusan, hentakan, dan jangan takut tembakan lari dari sasaran. Tak hanya mendapat ilmu dari instruktur Paskhas, Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban Lapas Pekanbaru Renza Maisetyo, pun membagikan pengalamannya menggunakan senjata. Renza mengharapkan setelah pelatihan ini, petugas lapas khususnya jajaran pengamanan mahir menggunakan senjata demi terciptanya suasana lapas yang aman, tertib, dan kondusif. Satu-persatu petugas pun mulai mencoba menembakkan senjata dan tampak petugas lapas sangat serius dan penuh semangat mengikuti kegiatan. *DORRR.. DORRR.. DORRRR!!!*

 

Jayalah Pemasyarakatan…

Jayalah KEMENKUMHAM !!!

 

(HUMAS LAPAS KELAS IIA PEKANBARU)

 

 
Penulis: 
    author
    No related post!