KAKANWIL KUMHAM RIAU PIMPIN APEL PENCANANGAN SATUAN OPERASIONAL KEPATUHAN INTERNAL PEMASYARAKATAN

Pekanbaru (LPD) – Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (SATGAS KAMTIB) di lingkungan Pemasyarakatan yang selama ini melaksanakan tugas pencegahan dan penindakan gangguan keamanan hanya terbatas pada ruang lingkup keamanan statis (pemenuhan hak warga binaan) dan belum mencakup potensi gangguan keamanan yang bersifat dinamis (penyalahgunaan wewenang petugas). Demi memperluas tugas pencegahan dan penindakan terhadap kedua gangguan tersebut, dianggap perlu merubah SATGAS KAMTIB tersebut menjadi Satuan Operasional Kepatuhan Internal (SAT OPS PATNAL). Apel pencanangan SAT OPS PATNAL di lingkungan Kanwil Kumham Riau diikuti oleh perwakilan satuan kerja Pemasyarakatan seluruh Riau yang dilaksanakan di lapangan upacara Lembaga pemasyarakatan Kelas IIA Pekanbaru, Senin sore (24/6).

Pengukuhan SAT OPS PATNAL UPT Pemasyarakatan se-Riau ini ditandai dengan penyematan atribut yang dilakukan oleh Kepala Kanwil Kumham Riau Muhammad Diah, dilanjutkan dengan pembacaan Kata-Kata Pengukuhan dan Ikrar SAT OPS PATNAL. Sebagai pembina apel, Kakanwil pada amanatnya mengingatkan agar dengan dibentuknya satuan ini dapat menjadi pendorong keberhasilan pembangunan zona integritas untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). “Mari kita bersama-sama melaksanakan pengawasan, pencegahan, dan penindakan terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban secara efektif serta melakukan perbaikan pada seluruh aspek tugas pemasyarakatan meliputi pembinaan petugas dan peningkatan layanan pemasyarakatan,” tutur Kakanwil.

Kakanwil pun memahami betapa beratnya tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh petugas pemasyarakatan, namun beliau menyatakan bahwa pengabdian yang dipikul merupakan tugas yang mulia sehingga teruslah bersemangat dan bekerjalah dengan penuh integritas, komitmen, dan dedikasi. Pada akhir acara dilaksanakan peragaan Beladiri petugas Rutan Dumai dan pertunjukan Sepak Bola Api oleh petugas Lapas Kelas IIA Pekanbaru. Peserta apel yang menyaksikan tampak terhibur dan langsung mengabadikan atraksi ini dengan kamera ponsel masing-masing.


Jayalah Pemasyarakatan..

Jayalah KEMENKUMHAM !!!

(HUMAS LAPAS KELAS IIA PEKANBARU)

 
Penulis: 
    author
    No related post!