LAPAS PEKANBARU JADI PELAKSANA UPACARA HARI LAHIR PANCASILA DI KANWIL KUMHAM RIAU

 

Pekanbaru –Sejarah mencatat bahwa pada tanggal 1 Juni 1945, kata Pancasila pertama kali diucapkan oleh Bung Karno di sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yang saat itu beliau belum diangkat menjadi presiden. Dalam pidato yang sekarang dikenang sebagai Hari Lahir Pancasila tersebut, Sukarno berusaha menyatukan perdebatan yang meruyak di antara para anggota BPUPKI sehingga diputuskanlah bahwa Pancasila menjadi dasar negara bangsa Indonesia, dasar negara yang menjadi pemersatu dari Sabang sampai Merauke. Berdasarkan surat Kepala Kanwil Kumham Riau Nomor : W4-UM.03.01-2194 Tanggal 22 Mei 2019 tentang Pedoman Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 di Lingkungan Kanwil Kumham Riau, Lapas Kelas IIA Pekanbaru ditunjuk menjadi pelaksana kegiatan tersebut.

Upacara yang dilaksanakan dengan penuh khidmat ini berlangsung di halaman Kanwil Kumham Riau, (1/6), dan dihadiri seluruh jajaran unit pelaksana teknis se-Pekanbaru. Kakanwil Kumham Riau Muhammad Diah, yang bertindak sebagai pembina upacara berkesempatan membacakan amanat pelaksana tugas Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). “Ada dua hal penting yang disampaikan, pertama bahwa bangsa ini jangan pernah melupakan sejarah sebagai bangsa yang beragam yang mengutamakan persatuan dan kesatuan. Kedua, yaitu dengan memperingati hari lahir Pancasila, kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” ucap Diah.

Selesai membacakan amanat, Kakanwil mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri bagi seluruh pegawai dan mengingatkan agar selama berlibur tetap menjaga kehormatan organisasi. Terkhusus petugas lapas dan imigrasi yang tetap bertugas melayani masyarakat selama libur lebaran, Kakanwil berpesan agar tetap waspada dan bekerjalah sesuai prosedur. “Bagi petugas yang tidak memiliki integritas dan merusak tatanan organisasi, tidak ada toleransi dan tidak ada ampun, langsung diusulkan dipecat!” tutur kakanwil sembari menegaskan agar petugas tidak melakukan pungutan liar dan menghindari peredaran narkoba.

 

Jayalah Pemasyarakatan..

Jayalah KEMENKUMHAM !!!

(HUMAS LAPAS KELAS IIA PEKANBARU)

 
Penulis: 
    author
    No related post!