OMBUDSMAN RIAU TINJAU KESIAPAN LAYANAN KUNJUNGAN IDUL FITRI DI LAPAS PEKANBARU


Pekanbaru (LPD) – Bulan Ramadhan akan berakhir beberapa hari lagi, artinya hari raya Idul Fitri sudah di depan mata. Seluruh lapas/rutan akan bersiap melayani membludaknya kunjungan di hari nan fitri itu, yang merupakan salah satu hak warga binaan. Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan menyebutkan bahwa narapidana berhak untuk menerima kunjungan keluarga, penasihat hukum, atau orang tertentu lainnya. Memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan publik yang baik, Ombudsman Riau memantau kesiapan layanan kunjungan di Lapas Kelas IIA Pekanbaru, Sabtu (1/6).

Ketua Ombudsman Riau Ahmad Fitri, yang hadir bersama rombongannya langsung ‘diajak’ berkeliling memantau fasilitas kunjungan oleh Kalapas Pekanbaru, Yulius Sahruzah. Kepada Ombudsman, Kalapas menjelaskan bahwa jajarannya sudah siap ‘bertempur’ dan ‘pantang libur’ dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. Sosialisasi pun sudah mulai dilaksanakan, baik dalam bentuk online dan offline. “Spanduk dan banner kita pasang jauh-jauh hari, agar masyarakat cepat tahu dan bisa mempersiapkan syarat-syarat berkunjung. Di media sosial juga kita sampaikan segala aturan dan tata tertib kunjungan, termasuk jam berkunjung, agar keluarga yang dari luar kota bisa mengatur waktunya,” terang kalapas. Kalapas menambahkan khusus kunjungan Idul Fitri, Lapas Pekanbaru tidak menyediakan tempat penitipan barang sehingga diharapkan masyarakat menyimpan sendiri handphone dan alat komunikasi lainnya sebelum masuk berkunjung. Hal ini dikarenakan tempat penyimpanan barang Lapas Pekanbaru tidak akan bisa menampung barang titipan pengunjung yang membludak.

Menyaksikan keseriusan Lapas Pekanbaru dalam melayani masyarakat, Ahmad Fitri pun lantas mengapresiasi langkah cepat kalapas dan jajarannya dalam mempersiapkan hajatan tahunan ini. Namun beliau juga mengingatkan agar nantinya jangan ada pungutan liar atau gratifikasi dalam layanan yang diberikan. Pesan Ketua Ombudsman ini langsung ditanggapi oleh kalapas dan memastikan mulai dari area parkir sampai tamu duduk dengan warga binaan yang dikunjungi lalu tamu keluar lapas, LAYANAN KUNJUNGAN TIDAK AKAN DIPUNGUT BIAYA SEPESER PUN! Di akhir kegiatan, Kalapas tak lupa mengajak Ombudsman Riau turut memantau langsung pelaksanaan kunjungan serta mengharapkan saran dan masukannya agar Lapas Pekanbaru dapat memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

 

Jayalah Pemasyarakatan..

Jayalah KEMENKUMHAM !!!

(HUMAS LAPAS KELAS IIA PEKANBARU)

 
Penulis: 
    author
    No related post!