PASTIKAN KEAMANAN LAPAS PEKANBARU, SATUAN PENGAMANAN RUTIN PATROLI KESIAPAN SARANA DAN PRASARANA

Pekanbaru (LPD) – Selain melaksanakan tugas pengawasan melekat terhadap warga binaan, kegiatan rutin Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas IIA Pekanbaru adalah memastikan seluruh sarana dan prasarana lapas dalam kondisi siap dan baik dalam melaksanakan fungsi pengamanan.

Kontrol keliling atau yang akrab dengan istilah Trolling, merupakan agenda wajib jajaran pengamanan lapas. Baik mengontrol ketertiban kehidupan warga binaan maupun memastikan kondisi bangunan lapas dalam keadaan aman. Pengecekan terhadap sudut-sudut bangunan yang rentan terjadi pelarian, atau dijadikan tempat persembunyian barang terlarang turut menjadi pantauan utama staf KPLP. Selain itu, gembok kamar juga harus senantiasa dicek kondisinya, dan dilakukang rolling gembok. “Minimal satu bulan sekali kami laksanakan pertukaran gembok kamar, agar tak mudah dikenali dan dirusak warga binaan,” terang Arjiunna, Kepala KPLP Kelas IIA Pekanbaru siang tadi, (24/9). Beliau menambahkan bahwa setiap gembok yang rusak akan langsung diganti tanpa diperbaiki untuk menghindari resiko gembok mudah dihancurkan oleh siapapun. Bagian engsel pintu kamar dan lubang gembok juga tak luput dibersihkan untuk memudahkan jajarannya dalam melaksanakan fungsi pengamanan.

Antena radio yang menjadi sarana komunikasi regu pengamanan juga menjadi perhatian utama KPLP. Handy Talky sebagai media penghantar lisan dipastikan dalam kondisi baik saat digunakan. Jumlah penghuni lapas pada setiap kamar selalu dicek agar sesuai dengan keadaan sebenarnya. Kondisi kamar juga diamati dan diawasi kenyamanannya. Setiap tamping blok dan ketua kamar bertanggungjawab atas kebersihan lingkungan kamar. Tak ketinggalan, petugas pengamanan lapas selalu mengingatkan agar berhemat dalam penggunaan listrik dan air. Segala upaya ini adalah bagian dari memastikan kondisi keamanan Lapas Pekanbaru dalam keadaan aman dan terkendali.

Jayalah Pemasyarakatan..
Jayalah KEMENKUMHAM !!!
(HUMAS LAPAS KELAS IIA PEKANBARU)

 
Penulis: 
    author
    No related post!