STAF AHLI MENTERI ADAKAN PENDAMPINGAN PENGUATAN ZONA INTEGRITAS DI LAPAS PEKANBARU

Pekanbaru (LPD) – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau sangat serius dalam mempersiapkan satuan kerjanya dalam meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Pendampingan penguatan pembentukan zona integritas (ZI) merupakan salah satu bentuk upaya dalam mendukung kesuksesan kegiatan ini. Hal inilah yang dilaksanakan Lapas Kelas IIA Pekanbaru dengan menghadirkan Staf Ahli Menkumham Bidang Politik dan Keamanan, Ambeg Paramarta, bersama tim penguatan ZI WBK/WBBM, Selasa (16/4).

Staf Ahli Menkumham ini ditugaskan untuk melakukan pendampingan penguatan dengan membawahi Wilayah IV yang salah satunya adalah Provinsi Riau. Kegiatan pemantauan di Lapas Pekanbaru juga didampingi oleh Kakanwil Kumham Riau beserta staf, beberapa Kepala UPT Pemasyarakatan, dan perwakilan satker yang diusulkan untuk WBK/WBBM ini. Dimulai dari memantau area halaman parkir dan ruang tunggu kunjungan yang berada di luar lapas, dilanjutkan dengan memantau ruang layanan kunjungan, staf ahli menteri ini banyak memberikan masukan-masukan demi kesempurnaan pelayanan. Diantaranya adalah keramah-tamahan petugas dalam melayani, keaktifan petugas Duta Pelayanan dalam memberikan informasi layanan kepada pengunjung, sampai kepada pemanfaatan teknologi dalam pemberian pelayanan. Sementara itu di aula lapas, tim yang ikut bersamanya juga tampak sedang memberikan pendampingan administrasi kepada Pokja WBK/WBBM satker demi terwujudnya pelaporan kinerja yang efektif dan akurat.

“Untuk tahap awal, masih diperlukan petugas pendamping dalam membantu WBP mendapatkan informasi di anjungan mandiri ini, karena banyak istilah pemasyarakatan yang tidak mereka ketahui,” ucap Ambeg saat meninjau Pondok Wak Abas (Waktu Abang Bebas), salah satu tenant yang disediakan Lapas Pekanbaru dalam memberikan informasi WBP secara mandiri. Kakanwil Muhammad Diah, pun mensurvey acak pengunjung lapas dengan menanyakan pelayanan yang diberikan Lapas Pekanbaru. “Kenapa pilih tombol sangat puas, dek?,” tanya kakanwil kepada pengunjung yang mengisi indeks kepuasan pengunjung (IDM) digital, langsung dihadapan staf menteri. “Karena pelayanan Lapas Pekanbaru sudah berubah dan sekarang sangat baik sekali melayani pengunjung,” jawab Fikri, pengunjung lapas. “Masih ada bayar-bayar?” tanya kakanwil kembali. “Bersih pak, gratis!”, jawab pengunjung kembali sambil tersenyum.

Jayalah Pemasyarakatan…
Jayalah KEMENKUMHAM !!!

(HUMAS LAPAS KELAS IIA PEKANBARU)

 
Penulis: 
    author
    No related post!