WBP LAPAS PEKANBARU BERBONDONG-BONDONG SALURKAN HAK SUARANYA KE TPS 024 DAN 053

Pekanbaru (LPD) – Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 menyatakan bahwa setiap warga negara Indonesia berhak untuk dipilih dan memilih dalam pemilihan umum berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Tak terkecuali warga binaan di Lapas Pekanbaru, mereka sangat antusias menyalurkan hak pilihnya dengan berbondong-bondong ke TPS Khusus 024 dan 053, (19/4).

Sebelum pelaksanaan pemilu di lapas, tampak Kakanwil Kumham Riau Muhammad Diah, didampingi Kadiv Pemasyarakatan Surung Pasaribu memantau persiapan pemilu yang sudah mulai didesaki WBP. Keduanya berharap agar pelaksanaan pemilu di lapas dapat berjalan aman dan damai, serta petugas lapas sebagai Panitia Pemungutan Suara (PPS)  dapat menjalankan tugasnya dengan jujur dan adil, tanpa ada intervensi kepada WBP. Dari 1683 penghuni Lapas Pekanbaru, hanya 364 warga binaan yang terdaftar sebagai daftar pemilih tetap di Lapas Pekanbaru. Lapas Pekanbaru bersama Disdukcapil Riau telah mengusulkan penambahan DPT, namun sampai tiba hari pemilihan KPU tidak juga mengeluarkan daftar pemilih tambahan.

Pelaksanaan pemilu di Lapas Pekanbaru berjalan sangat tertib. WBP dengan sabar mengikuti antrian yang diperintahkan petugas. Kepala Lapas Pekanbaru Yulius Sahruzah, juga hadir memantau jalannya pemilu sambil bercengkrama dengan WBP. “Ayo semua ajak teman-teman yang lain ikut nyoblos ke TPS, kita gunakan hak pilih kita sebaik-baiknya” ajak kalapas. Selesai pemungutan suara, PPS 024 dan 053 pun menghitung surat suara yang masuk disaksikan para saksi partai termasuk WBP. Di TPS 024, pasangan Prabowo Sandi mengungguli perolehan suara pasangan Jokowi Amin dengan jumlah suara 40 berbanding 14. Sedangkan di TPS 053, Prabowo Sandi unggul telak dengan 165 suara berbanding 39 suara mendukung Jokowi Amin. Total suara sah yang masuk sebanyak 258 suara dari 364 jumlah pemilih di DPT, hal ini disebabkan adanya WBP yang telah bebas dan WBP yang golput.

 

Jayalah Pemasyarakatan…

Jayalah KEMENKUMHAM !!!

 

(HUMAS LAPAS KELAS IIA PEKANBARU)

 

 
Penulis: 
    author
    No related post!